Rabu, 28 Mei 2008

polemik blue energy

isu yang cukup menarik dari sisi ilmiah, lebih menarik karena dibumbui aspek politis segala
saya sendiri menjadi begitu tertarik karena merasa "dekat" dengan tema ini sebelum mencuat ke permukaan

salah tempat saya pikir, kalau saya mencoba untuk membuat komentar dari sisi ilmu, karena jelas ini bukan hal yang saya pahami sama sekali
tapi yang menjadi menarik adalah memperhatikan betapa semua orang ikut urun bicara mengenai ini
dari yang tidak tahu sama sekali, tahu sedikit, sampai orang-orang yang dianggap ahli betulan
dari ilmuwan, aktifis, pejabat hingga politisi
bagi saya kesimpulannya bukan pada ini penipuan atau bukan
siapapun itu pak joko
apapun yang dikerjakannya..lepas dari betul dan salah
siapapun pihak yang terlibat di dalamnya
tapi paling tidak dengan isu yang ditimbulkannya, memaksa semua orang berpikir
berpikir dari sisi keilmuan dan berpikir dari sisi kebijakan
tidak ada salahnya kan kita optimis mengenai penemuan yang bisa menggemparkan ini
tidak ada salahnya juga mempercayai orang yang sebelumnya tidak pernah muncul di jagad ilmuwan
namun tidak ada salahnya juga banyak kajian untuk mengetes kebenaran penelitian ini
dan tidak ada salahnya juga untuk hati-hati...
saya memilih untuk bungkam kalau diminta berpendapat mengenai ini (emang siapa yang mau minta pendapat???hehehehe)
karena saya sama sekali tidak punya expert power untuk berbicara
dan saya sama sekali tidak punya pandangan objektif dari fakta yang benar-benar bisa saya lihat...karena saya hanya mendengar, membaca..jadi apakah cukup kompeten orang-orang yang hanya mendengar itu memberikan komentarnya???

Tidak ada komentar: