Senin, 26 Mei 2008

duh..PLN..PLN

kemarin adalah puncak kekesalan saya pada PLN
gimana gak kesel, hari itu adalah kali ketiga PLN memadamkan listrik di daerah saya dalam seminggu ini
begini situasi dalam tiga pemadaman itu :
1. pemadaman pertama, saya masih oke-oke aja..ya ditunggulah sampai nyala
2. pemadaman kedua. pagi-pagi listrik mati lagi, sekitar jam9. saat mati,saya lagi menyalakan mesin cuci,komputer juga lagi nyala. pada saat yang sama, saya membaca pengumuman pemadaman itu di KR, hal 2, kolom 1.
mulailah saya menelpon PLN itu : "ini pemadaman bergilir atau gangguan?"
"pemadaman bergilir bu..."
dengan pura-pura gak tahu, maka "lho memangnya ada pemberitahuan sebelumnya?"
"ada bu, di KR, hal 2, kolom 1"
"kapan dikasih tahunya?"
"koran tadi pagi bu"
"sayang sekali, itu terlambat, saya tidak bisa mempersiapkan apapun. kenapa bukan koran sebelumnya?"
"seperti biasa gitu bu."
?????? ok, kalo ini adalah cerita ttg kebiasaan, kategorinya kebiasaan baik atau buruk ya?
"kalau saya boleh saran, mendingan dikasih tahu pas pembayaran bulan terakhir. dicetak di slip pembayaran, kapan aja jadwal pemadaman untuk daerah itu selama sebulan, jadi kan bisa siap2"
"baik bu, nanti saya sampaikan ke bagian HRD"
kok HRD *bingung* ya...sudahlah
3. pemadaman ketiga. saat itu saya sedang menyalakan komputer dan printer, karena mencetak proposal untuk dosen. alhamdulillah untungnya sebagian besar sudah tercetak. pada saat itu, mesin cuci saya, lagi-lagi juga sedang jalan.
saya mencoba menelpon PLN, sibuk terus
sorenya jam 2an saya pulang, listrik masih mati
saya telpon, sibuk
saya tidur bareng saffa
bangun, masih mati listrik..weleh3
saya coba telpon lagi, ternyata no tadi pagi salah
alhamdulillah diangkat, katanya petugas udah mau dinyalain
saya pun bilang "coba deh pak, saya mau catet jadwal pemadaman di daerah saya"
sayup-sayup "wah itu mah dadakan dari pusat"
maka petugas yang berbicara itu pun menyampaikan
"wah dadakan bu, ditentuin sama PLN cab jogja"
maka telepon lah saya ke PLN cab jogja
"wah bu, itu mah urusannya AJP, disini mah gangguan. mestinya biasanya cab sleman tahu"
"mereka bilang itu urusan PLN cab jogja pak"
"coba telp AJP bu..."
maka telepon lah saya
tak ada yang angkat pula
sebenernya kalo masalah pemadamannya, saya masih bisa paham dengan alasan hemat energi, tapi ya mbok terprogram gitu lho, konsumen dikasih tahu biar siap-siap.
wuiih, perjalanan menuntut hak konsumen betul-betul tidak mudah
apalagi kalo yang dituntut adalah pihak yang punya otoritas tinggi
saya beneran gak kebayang lho kalo misal saya dijawab begini "ya udah kalo ibu gak puas, gak usah pake jasa PLN"
saya mau bilang apa ya. pastinya jadi nrimo aja deh, lha kita gak ada pilihan sama sekali

serba salah. perusahaan negar tetep dipertahankan gitu, kontrol nya lemah, konsumen yang rugi. kalo diprivatisasi, jual negara, konsumen juga yang rugi.
BINGUNG...
mbok ya PLN sekali-sekali matiin daerah yang ada pejabatnya, seminggu 3 kali gitu, supaya mereka ngerasain ngenesnya jadi konsumen PLN, jadi mikir kebijakan apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kinerja PLN..

Tidak ada komentar: