Selasa, 27 Mei 2008

gimana ya rasanya jadi perempuan sungguh2 mandiri?


ayah&kak nyengir
Originally uploaded by ufi yusuf
saya dan ayah memang terbiasa berbagi peran, apapun
bahkan sebelum kami memiliki saffa
kalau saya tak sempat masak nasi goreng, maka beliaulah yang masak
alhamdulillah suami saya ndak neko-neko masalah makanan
kalau pagi ndak sempat masak yang ribet, maka telor ceplok saja cukup, bahkan hingga hari ini
apalagi ketika saffa udah hadir. wah perannya kan tambah banyak, ditambah lagi saya nglanjutin kuliah. rutinitas pagi (apalagi ketika di rumah tidak ada pembantu) luar biasa, begitu juga dengan rutinitas sore, malam, pagi lagi dan seterusnya
maka, gantian menggendong saffa menjadi biasa. saya ingat betul saat saffa masih bayi, suatu saat dia rewel ndak mau tidur sampe jam 4 pagi, padahal saya lelah sekali. maka beliaulah yang menggendongnya semalaman (Luv ayah). begitu pun saat ini, kalau jalan-jalan, maka yang kebagian gendong saffa ya ayah. gak heran, saffa lebih lancar panggil ayah daripada ibu :)
makanya gak kebayang kalo pas pisahan sama ayah, saffa panggil2 ayah, duuh jadi ngenes banget

satu-satunya hal yang saya sangat tergantung kepada beliau adalah transportasi, maklum seumur2 saya cuma jadi penumpang..
maka begitu menyadari pada suatu saat saya harus berjuang sendiri dulu disini, mulailah saya mempelajari teknik-teknik mengemudi dengan baik dan benar..ah tidak semudah yang dikira kan..tapi paling gak ayah udah percaya dan mau ngajarin kendalikan kendaraan

tapi begitu waktunya semakin dekat untuk berpisah sementara waktu dengan ayah, saya jadi semakin dag dig dug..
permasalahannya tidak sesederhana persoalan transportasi semata
tapi juga efek psikologis dari kehilangan teman bicara, teman untuk digemesin, teman untuk direcokin indomienya, teman berantem pas nonton tv, teman diskusi, dan teman berbagi peran dalam mengasuh saffa..serta teman-teman jenis lainnya
ayah memegang peran penting dalam pendukung kuliah saya
nah ketika beliau akan pergi, kuliah saya belum selesai juga..
maka saya pun harus mempersiapkan secara psikis, kehilangan satu pendukung eksternal secara langsung
berusaha menyadarkan bahwa tidak ada bedanya dukungan via imel, messenger, telpon dengan dukungan yang diberikan tatap muka langsung (tapi tetep beda kan? hik2)

tapi kalau saya tidak mandiri, artinya peran itu akan berat sebelah
artinya saya egois. kemandirian saya, ketidakcengengan saya (baca: antonim dari kata ini merupakan cerminan diri saya saat ini)adalah salah satu pendukung keberhasilan beliau di sebrang sana
maka, mulai sekarang saya belajar untuk melakukan semua sendiri
mudah-mudahan Allah memberikan yang terbaik untuk kami
saya akan berusaha!!!

Tidak ada komentar: