Selasa, 20 Mei 2008

arti ASI

bagi saffa, arti ASI adalah:
1. emotional bounding
2. makan, minum,,,,apalagi enam bulan awal kehidupannya
3. obat segala penyakit...sapu jagad..
4. obat nangis...wes-wes-wes bablas nangise
5. aktifitas kalo lagi iseng aja pengen dipeluk ibu
6. protes kalo ibu habis pergi lama (=pergi 1-4 jam saja sebetulnya), soalnya habis itu saffa ngejar2 ibu minta memeh, gak boleh pake jeda dulu

bagi ibu, arti ASI adalah :
1. emotional bounding
2. pertahanan imun buat saffa yang manjur
3. hemat..hemat..hemat
4. gak repot, higienis, bergizi lagi

banyak calon ibu yang bertanya pada saya mengenai ASI ekslusif yang saya jalankan
saya pikir, alasan di atas cukup kuat untuk menggambarkan mengapa saya memilih jalan ini
gimana caranya?
mengingat saya sudah meninggalkan saffa seharian sejak dia berumur 2 minggu, dengan kegiatan padat mencekat
maka saya putuskan :
1. seminggu sebelum saya aktif kuliah lagi, maka saya mempersiapkan 10 botol kosong untuk diisi ASI semua
2. setiap hari sabtu-minggu atau hari libur lain, kegiatan mengisi botol dengan ASI tetap dijalankan dong untuk persediaan
3. ke kampus, bawa termos es, diisi dengan beberapa botol kosong, dan alat pemompa
4. usahakan hasil pemerasan dalam sehari bisa menutup kebutuhansaffa sehari juga. misal: kebutuhan ASI saffa saat ditinggal sekitar 4 botol, maka begini jadwal pemerasan saya untuk memenuhinya :
-pagi bangun tidur
-siang, saat istirahat kuliah : 2 botol
-sore saat pulang kuliah
5. hasil perasan ASI disimpan di freezre, bisa tahan sampe 3 bulan. tapi percaya deh, anak gak akan selama itu ngabisin 10 botol aja
6. karena ASI udah jadi es batu ASI, maka cara murah untuk mencairkan : tuang air hangat ke mangkok, masukan botol tertutu ke dalamnya...jangan sampai celup lho ya..kita memang harus sabar untuk menunggu cair, dan mengganti air hangatnya beberapa kali

2 komentar:

The-Goem (Degum) alias Deni Gumbira mengatakan...

ufi, senangnya baca tulisan2nya. Semangat, inspiratif. jadi gemes dan pengen liat ti si safa, mas nya juga.
Sukses terus ya, lancar sidangnya... saling mendoakan.

Ufi Yusuf mengatakan...

nuwun ya den..seneng nya dikunjungi deni. insy ntar kpan2 silaturahmi di serang ya. amien, saling mendoakan ya den