Senin, 26 Mei 2008

pelajaran dari kompre:bagaimana saya berperilaku

ehmm, habis kompre ada dua rasa : lega dan deg2an
lega karena satu langkah telah lewat
deg2an karena masih harus revisi, padahal saya sudah punya komitmen dengan beberapa pihak, jadinya ngebut kayak balapan motor aja deh

tapi insight menarik saya dapat setelah kompre mengenai diri saya, yaitu:
1. ternyata saya ngomongnya cepet banget ya?
pas malam latihan presentasi sama ayah sebenernya udah diingetin, eh pas ditanya sama penguji, blio menyela "sek..sek mbak, pelan-pelan" untung diingetin kalo gak meluncur tanpa kendali deh kecepatannya, hehe. sekarang saya yakin bahwa kecepatan bicara berkorelasi positif dengan kecepatan detak jantung..hehe
2. situasi ternyata memberi pengaruh besar pada ketenangan saya
nah habis penguji itu ngasih kesempatan untuk bicara pelan, maka saya mulai menarik nafas dan belajar untuk ngomong pelan, alhamdulillah bikin hati, pikiran jadi tenang. nah yang ini insight buat yang mau bikin penelitian iklim organisasi ya. soalnya iklim organisasi ternyata berpengaruh terhadap perilaku orang didalamnya. mengenai perilaku apa, monggo dispesifikan sendiri saja, dicari latar belakangnya, ditentukan metodenya,halah halah,,,kok jadi ngawur, maklum habis bikin revisian,hehe
3. tips saat ujian yang tidak sengaja ditemukan : anggap aja situasi ujian kayak pas konsultasi. dengan senyum, meskipun pas penanya nya gantian, jadi keliatan bodoh gitu, soalnya saya bingung membedakan pertanyaan dan pernyataan, hehe
4. yang paling penting dari ketiga hal tadi, saya semakin menyadari bahwa doa orang-orang yang sayang sama kita berpengaruh besar pada kelancaran apapun yang kita lakukan. beneran lho, dulu saya tenang banget ujian kalo udah didoain dengan khusus oleh abah. nah sekarang abah emang udah kembali, tapi saya yakin blio masih doakan saya di surga sana. dan hal penting lain, sekarang banyak banget yang bisa saya mintain doa:ibu, mertua, suami, anak, kakak-kakak,temen-temen...

Tidak ada komentar: