Kamis, 15 Oktober 2009

pembeli adalah raja?


saya itu kemarin bete
apa sebab bu? masih ada kudeta masal kah?
bukan, kemaren saya "dimarahi" penjaga toko
saya, sebagai pembeli, yang merasa menjadi raja ini
jadi bete
untungnya, saya gak bisa ngomel pake bahasa inggris, jadi cuma mesem2 *waguuu*

alkisah, saya kan ndak bawa recycle bag itu
berhubung berat nian, saya minta dobel kantong
then..
dia bilang "lain kali bawa tas mu sendiri, kalo lain kali anda minta lagi saya charge --- sen"
trus saya bilang "kalau saya harus bayar, saya akan bayar, berapa?" berhubung dia ngomongnya cepet banget
trus dia berlalu pergi sambil bilang "it's okay"
saya melongo, merenungi nasib *hallah berlebihan*
pinginnya bisa marah jg..tp berhubung bahasa inggris saya aneh, bisa jadi saya malah ngelucu
lagian, hajat hidup saya ada di toko itu, ahahaha
ini bukan yang pertama saya berbicara dengannya, dan wajahnya selalu begitu
padahal saya yakin lho
kulit putih dan mata sipit nya yang membuatnya cantik akan semakin nampak cantik kalo tersenyum ramah
apa yang salah ya?
tpi setiap ke toko itu, aroma tak ramah lah yang seringkali saya temui, meskipun tidak dalam bahasa verbal

cerita lain lagi ketika saya ke toko souvenir di jalan kaliurang, jogja
saya minta varian batik yang saya suka motif nya
trus mas nya bilang "ndak ada mba, lagian saya sibuk banget"
saya njawab "lha ya udah kalo gak ada, lagi rame banget sih ya mas"
"iya, coba ya mba bayangin, rame begini, ini yang punya juga nggak nambah pegawai, pusing saya"
hehehehe, malah curhat
"ya bilang gih sana sama HRD nya, jangan marah2 ke konsumen"
"gak ah, nanti saya kena apa2 lagi"
"eh, saya ada kenal HRD nya, kenal bu itu?"
dan si mas pun berhenti bicara..qiqiqiqiqi *saya lagi mikir, kenalan saya itu kerja disitu apa bukan ya, trus bagian HRD apa bukan ya?*

kemaren begitu pulang, saya cerita sama suami, sampe akhirnya saya bilang
"kesian ya itu orang2, mereka seharian pasang tampang bete..mgkn karena sebel dengan pekerjaannya..ndak punya daya untuk nyalurin kesiapapun, jadi kita deh yang kena"

jaman sekarang, toko rame2 bikin konsep mystery shopper buat meriksa layanan karyawannya
tapiiii....
apa mereka mikirin juga ya..mereka udah bikin hepi karyawannya belom
lah, kalo karyawannya terus yang disalahin, kan kesian juga
padahal, masalah tidak ramah kan bukan cuma masalah orang per-orang aja, mgkn jg masalah sistemik

saya sih biasanya hobi ngegodain pelayan yang gak ramah
duluuu
pas di bringarjo, ada pelayan toko kerudung, galaknya aje gile
trus saya bilang "duh mbak, jangan galak2, coba deh senyum, mbak cantiiiiikkkk deh" sambil senyum2 genit
trus dia senyum gak fie?
kayaknya sih senyum deh, sedikit
tapi habis itu dia bilang ke temen saya
"mbak, itu temennya aneh banget sih" ahahahahaha

saya mau nyoba ah ke mbak cantik di china town itu
ada yang bisa bantu basa enggrisnya?
tapii, kira2, saya bisa dimusuhin orang satu china town gak ya..hehehehe *gak jadi eksperimen*

pic :http://www.blavish.com/wp-content/uploads/2006/03/Personal%20Shopper.gif

8 komentar:

Indra Fathiana mengatakan...

ih aku sering banget ketemu toko ky gitu. trus besok2 aku ga mau balik lagi kesana, kecuali aku amat sangat butuh. haha..

biasanya toko2 concern sm kepuasan pelanggan. ndak ada kotak komplainnya kah? atau becandain aja. mbak sakit gigi ya? abis ndak senyum2 dari kemarin..
kqkqkq...

Ufi Yusuf mengatakan...

hehe, itu tokonya yang disini toko asia, ndak bisa idup tanpa toko itu,makanya mgkn dia santai aja bisa galak2, gak mgkn pelanggannya pergi
kalo toko asli sini sih keren banget, kemaren salah ngasih harga (harusnya reduce, tapi mereka kasih harga asli), trus aku dikasih gratis, hehehe
gyahahaha, kalo tuh toko asia digituin, bisa dipukulin satu area (soalnya disitu yang jual kebanyakan etnis ttu gitu)

Tuti Nonka mengatakan...

Wah, saya paling sebel kalau pramuniaga toko nekuk muka (emang kertas, bisa ditekuk?) waktu ngelayanin pembeli. Tapi kalau pramuniaganya terlalu ramah, nawarin ini-itu, ngikutin kita kemana-mana, sama aja, sebel juga.

Maap nanya, Ufi belanja di negara mana sih? Singpr?

Ufi Yusuf mengatakan...

bagusan bikin kue panekuk ya bu, daripada muka yang ditekuk2..hehehe, tp bener juga tuh bu, bete bnget kalo diikutin, jd gak bebas mau ngutil *sstt kebiasaan rahasia* eh bukan, mau mempertimbangkan pilihan kan..
saya di ostrali bu, makanya kalo saya bikin masalah sama penjaga toko asia itu, saya susah idup disini :D

veni dwipa mengatakan...

hmmm... kayaknya kejadian di beringharjo mengingatkanku pada sesuatu. wakaka... sebenarnya bukan cuma mbak yang jaga kerudung yang ngerasa, tapi aku dalam hati juga mikir "ampuuun deh ni anak anehnya mulai kambuh". wakaka.. piss bund.. ^^

Ufi Yusuf mengatakan...

*pura-pura* dulu pas kejadian di bringharjo, pepen berperan jadi apaan ya? qiqiqiqiq
itu namanya strategi pen..strategi..meskipun akhirnya..tertusuk..hiks..:D

Anonim mengatakan...

kutu juga punya pengalaman begitu mbak, pengen beli softcase laptop buat orang, wajar dunk klo nyari2 ukuran dan model yang pas, eh mbaknya malah bilang gini : "Gak ada mas yang itu, gak ada mas yg ono, yaudah yah yg ini aja, saya aja belum makan mas sampe sekarang."

What is the maksud ??

Ufi Yusuf mengatakan...

ahahaha, ngomong2, bukan saya kan mbak penjualnya?
ada beberapa kemungkinan mas kutu
pertama, mas kutu berbakat jadi psikolog
kedua, mas kutu perhatiin gak lirikan matanya si mbak, mana tahu sesungguh nya di dalam hati terdalam pingin diajak makan bersama, hehehe