Senin, 27 Oktober 2008

berhasil...berhasil...


satu yang jadi pikiraneun saya mengenai saffa adalah ndak mau sikat gigi
kesian banget kan ngeliat anak kecil, perempuan lagi, giginya gak cantik sama sekali...haddduh nduk..
padahal saya sudah membiasakannya sikat gigi sedari bayi
dulu pas awal2, saya pakein sikat gigi yang dari silikon itu lho, yang dipasang di jari
alhamdulillah, dia seneng banget disikat

mulai agak gede, saya mulai beliin sikat gigi "selayaknya orang dewasa"
alhamdulillah dia juga mau
begitu masuk kamar mandi, langsung tunjuk tempat sikat gigi untuk minta disikatin, atao iseng2 dia nyikat sendiri

nah, ini dia begitu penyakit bosennya dateng
saffa udah ndak mau sikat gigi lagi
dibeliin sikat gigi aneh, malah buat maenan
*saya mau pingsan aja ya...*
mulai dari sikat krincingan, sikat berboneka, sampai saya pikir useless juga untuk menarik dia pake begituan, karena ndak mempan blas je
kadangan kalo dia tidur saya sikatin/serutin sendiri, itu juga kalo tidurnya udah pules banget

suatu pagi...
insight itu datang begitu saja
saat saya miris melihat gigi nya yang kotor
*ting...ting*
"yah, tolong ambilin cermin kecil dong..."

"nah, gini kak, nyikatnya sambil lihat cermin ya..."
anak kecil itu pun senyum2 girang...
"tuh...gigi..."
"ya, di cermin kelihatn ya giginya...."
"baju..."
"ya kelihatan ya bajunya...sekarang sikat ya giginya..."
tersenyumlah dia...dibuka mulutnya..disikat pelan2
"wah, kakak hebat ya..cantik lho giginya bersih...."
alhamdulillah...berhasil..berhasil...
sekarang, rumah baru cermin itu adalah di gantungan handuk di kamar mandi, soalnya saffa kalo masuk kamar mandi minta sikat gigi sama cermin

menemukan strategi untuk "mendidik" anak menjadi bagian yang sangat menarik bagi saya
kayak nemuin duit 1 milyar *emang udah tahu rasanya???hehe*
maksud saya, orangtua yang paling tahu dong kebiasaan anaknya, kesukaan, dan benda baru apa yang kira2 bisa menarikperhatian anaknya
tapi ini jelas juga ndak semudah yang dibayangkan
saya sendiri, belajar psikologi perkembangan seadanya saja, jadi kebayang dong, teori nya udah pada melayang2 semua kelamaan dipanasi sama teori2 kapitalis itu, hehe
makanya, judul terakhirnya trial and error dalam mendidik
ah, kalo saya mau optimis aja bilangnya trial and success
banyak teori praktis bertebaran kesana kemari
laboratorium hidup, diskusi dengan orangtua lain menjadi bahan yang sangat berharga sekali
karena teori sekedar teori dan akan tetap menjadi teori tanpa praktek
dan teori yang bulat2 dipraktekan, ampuh di segala suasana, juga ndak ada tho
maka, pendidikan itu perlu teori, strategi dan pengalaman (bukan cuma pengalaman sendiri ya...)

saya jadi inget obrolan saya dengan ayahnya saat pulang menghadiri halal bi halal di sekolah saffa
"gimana bum, tadi tanya sama ahlinya?"
"ndak, bingung soalnya, malu juga..." *yes..bum2 pemalu!!*
"apa yang dibilangin udah dapet di kuliah?"
"udah...makanya yang lebih bingung itu ya prakteknya..."
itu dia, kenyataannya tidak semua teori cocok di saffa kan?


pic.from www.orajel.com/.../tooth_gums/10_fun_ways.htm

Tidak ada komentar: