Selasa, 08 April 2008

saffa semakin besar

sore kemarin rasanya jadi sore yang begitu panjang dan jelas-jelas tidak menyenangkan
sehabis dibersihkan setelah makan, saffa tidak mau beranjak dari kamar mandi, dan ingin tetap bermain air padahal di luar dingin gak keruan karena hujan

jadilah saffa berteriak-teriak sambil menangis...
ketika dipakaikan baju, masih pula teriak sambil menangis
menunjuk ke atas lemari pakaiannya, masih sambil menangis
digendong oleh ayah, masih saja menangis
lalu muntah..berhenti sebentar, menangis kembali
diberi nen..berhenti sebentas, menangis kembali
apa sebetulnya yang diinginkan saffa?
saya frustasi, menangis pula saya, tanpa teriak tentunya
baru agak lebih baik setelah ayah mengaji ayat kursi sambil mengelus punggungnya

kalaupun pada saat itu saya menangis
saya sedih karena tidak mampu memahami apa yang terjadi padanya
saya menangis karena ini merupakan pola baru protesnya...dan ini bukanlah pembelajaran yang positif
saya hanya sadar bahwa ia semakin besar, semakin cepat dewasa, dan logikanya sungguh luar biasa
dan tugas kami sebagai orangtua adalah membantunya menuntun logikanya dalam perspektif yang masuk akal dan sesuai dengan norma dan nilai

Tidak ada komentar: