Selasa, 19 Februari 2008

waras - tidak waras ??

Saya dan ayah tersenyum geli ketika tadi malam membaca imel dari sahabat..begini :
"alhamdulillah badan sehat, cuma pikiran agak kurang sehat (tidak waras??)" konteksnya adalah dia baru lulus S3 dengan syarat tertentu, istri sedang hamil muda, gak kerasan di Jepang...
trus apa yang harus ayah jawab?(berhubung itu sebetulnya imel untuk suami)
dan dengan baik hatinya, namun agak kurang bertanggungjenab, ayah bilang "nah yang jawab ibu aja, kan ibu psikolog..." kamsudnya?? apa karena temanya adalah kewarasan?

tema kewarasan, depresi sebenarnya sudah jadi topik hangat di keluarga ini sejak setahun belakangan. ayah yang baru saja sakit 3 minggu, tanpa diagnosis mendalam, dan hanya berdasarkan pengamatan dan pengalaman sebagai istri, saya vonis sedang mengalami gangguan pikiran dengan bonus sakit badan, alias psikosomatis. tapi jelas2 ini adalah vonis yang salah, karena pada kenyataannya memang ada batuk dan pileknya sih, hehe
tapi selebihnya dari itu, saya pikir ayah memang butuh liburan setelah mengurus ini, itu, eno, ono, nyang itu, nyang nih...
dan begitu hari pertama masuk kantor, temannya bilang "pak, maaf kemaren gak jenguk, soalnya kita pikir bapak gak sakit betulan, cuma butuh istirahat aja..." huehue

Begini cerita dari psikologi yang jelas-jelas bukan bercerita di bidangnya :)
Dalam psikologi, masalah kewarasan sering dikaitkan dengan kesadarannya pada kenyataan. misalnya, tuh orang yang delusi bahwa dirinya adalah imam Mahdi, adalah contoh mereka tercerabut dari kenyataan, merasa mendapat wahyu, mendapat bisikan.

Lha, kalo sahabat kami itu, jelas-jelas masih sadar bahwa dirinya harus mampu publikasi 1 jurnal lagi untuk lulus S3 betulan, berarti masih waras..(alhamdulillah..)
Kalo suami saya setelah 3 minggu masih pergi ke kantor yang sama, bukan ke kantor Gubernur DIY, alhamdulillah berarti suami saya masih waras
Tapi, kalo saya masih nerusin ngetik di blog ini, padahal besok mau ngumpul laporan dan proposal, berarti kewarasan saya harus di tes kembali

Tidak ada komentar: